Total Tayangan Laman

Minggu, 06 Maret 2011

Belajar Pariwisata

Pariwisata adalah kegiatan dimana seseorang melakukan suatu kegiatan perjalanan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan melakukannya kegiatan pariwisata maka seseorang akan mendapatkan keinginan dan kepuasan dalam dirinya. Contohnya saja “seorang mahasiswa yang yang mau pergi kuliah seminggu sekali yakni dengan melakukan perjalanan yang cukup jauh menuju kampusnya minimal sejauh 80 km (50 mil) atau katakanlah BDO - CGK, dimana ia melakukan perjalanan = traveling, pembelajaran seperti diskusi, seminar, kuliah lapangan = tourism education dan makan diberbagai tempat = culinary tours”. Hal tersebut merupakan contoh sederhana dimana seseorang melakukan sebuah kegiatan pariwisata maupun kepariwisataan. Dalam arti yang luas pariwisata bukanlah suatu kegiatan bersenang-senang saja, melainkan dengan tujuan macam - macam. Berikut merupakan beberapa jenis pariwisata dalam kategori kepariwisataan diantaranya :
- Wisata Cagar Alam / Petualangan
- Wisata Budaya
- Wisata Religi
- Wisata Maritim atau Bahari
- Wisata Kemiskinan
- Wisata Kuliner
- Wisata Hati
- Wisata Pertanian atau Agrowisata
- Wisata Konvensi (MICE)
- Wisata Sejarah
- Wisata Belanja
- Wisata Olah Raga
- Wisata Buru
- Wisata Kedokteran
- Wisata Malam
- Wisata Seks
Berdasarkan point diatas telah kita ketahui bahwa pariwisata memiliki berbagai macam jenisnya. Setiap orang dari berbagai kalangan dapat melakukan kegiatan kepariwisataan, bisa dikatakan pariwisata bersifat universal.
Berbicara dalam konteks pariwisata, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam industri pariwisata, hal ini dapat dilihat dari indahnya berbagai macam taman konservasi atau pemandangan cagar alam yang indah, beragam kebudayaan, sejarah bangsa, festival sepanjang tahun, seni lukis maupun kerajinan tangan. Dengan berbagai aspek pariwisata yang ada, maka Indonesiapun bergabung menjadi salah satu anggota PATA (The Pasifik Asia Travel Assocation) di bawah naungan  (WTO/UNWTO (World Tourism Organization), yang bertindak sebagai katalis untuk pengembangan yang bertanggung jawab atas perjalanan Asia Pasifik dan industri pariwisata. Sedangkan WTO yang berfungsi sebagai forum global untuk isu-isu kebijakan pariwisata dan sumber praktis pariwisata, di samping itu yakni mendorong pelaksanaan Kode Etik Global Pariwisata, dengan maksud untuk memastikan bahwa negara-negara anggota tujuan wisata dan bisnis memaksimalkan dampak ekonomi, sosial dan budaya positif dari pariwisata dan sepenuhnya menuai keuntungan, sementara meminimalkannya negatif sosial dan lingkungan. Industri pariwisata di Indonesia telah menjadi salah satu sektor penghasil devisa terbesar, oleh karena itu perlu diimbangi dengan SDM profesional dalam bidang pariwisata. Dengan demikian kepariwisataan di Indonesia akan semakin maju yang nantinya diharapkan dapat bersaing dengan negara-negara berkembang lainnya.
Adapun beberapa objek wisata aktual atau unggulan di Indonesia diantaranya :

1.       CANDI BOROBUDUR


Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia. Candi ini dibangun ketika Samaratungga - raja dari dinasti Syailendra. Candi ini dianggap merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur terletak di desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur sangat besar dan terdiri dari blok batu-batu besar dengan arsitektur yang sangat megah.

2.       PULAU KOMODO


Pulau Komodo terletak di sebuah selat antara Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Pulau Komodo terdapat kadal terbesar di dunia, yaitu biawak Komodo (Varanus komodoensis). Komodo dipercaya sebagai sisa binatang purba Dinosaurus yang masih hidup. panjang komodo dapat mencapai 3 meter dengan berat bisa mencapai 140 kg. Pada perairan di pulau Komodo juga terdapat perairan yang termasuk keajaiban dunia bawah air. Dasar laut perairan Komodo adalah yang terbaik di dunia, di permukaan laut menyembulnya daratan-daratan kering yang berbukit karang. Pulau Komodo hampir masuk dalam nominasi keajaiban dunia.

3.       PULAU BALI


Pulau ini termasuk salah satu pulau terindah di Dunia. Pulau Bali merupakan pulau wisata terbaik di dunia. Obyek-obyek wisata di pulau Bali seperti Kintamani, Pantai Kuta, Danau Batur, Goa Gajah, Tampak Siring, Bedugul, Tanah Lot dan sebagainya. Pulau ini banyak tempat yang sangat menakjubkan dengan arsitektur bangunan dan keindahan alam di pulau ini yang juga sudah diakui dunia.

4.      DANAU KALIMUTU


Danau ini oleh dunia disebut sebagai salah satu dari sembilan keajaiban dunia. Danau tiga warna terletak di Gunung Kelimutu, Flores,NTT. Di sana ada tiga danau yang berdekatan namun dengan warna-warna yang berbeda. Danau kawah tersebut adalah Tiwu Ata Polo (danau merah), Tiwu Nua Muri Kooh Fai (danau hijau) dan Tiwu Ata Mbupu (danau biru). Danau Kelimutu merupakan satu-satunya danau di dunia yang airnya dapat berubah setiap saat, dari merah menjadi hijau tua dan kemudian merah hati, hijau tua menjadi hijau muda, coklat kehitaman menjadi biru langit. Fenomena alam ini merupakan keajaiban.

5.       CANDI PRAMBANAN


Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Candi Prambanan terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi. Arsitektur bangunan ini sangat megah dan terdapat candi-candi baik besar maupun kecil pada Komplek Candi Prambanan ini. Juga ada legenda bahwa candi-candi tersebut hanya dibuat dalam satu malam saja oleh kesaktian Bandung bondowoso sebagai syarat mempersunting Loro Jonggrang. Candi ini memukau dunia dengan kehebatan arsitekturnya.

6.       GUNUNG BROMO


Gunung Bromo merupakan salah satu gunung dari lima gunung yang terdapat di komplek Pegunungan Tengger di laut pasir. Daya tarik gunung ini adalah merupakan gunung yang masih aktif. Obyek wisata Gunung Bromo ini merupakan fenomena alam dengan Kekhasan gejala alam yang tidak ditemukan di tempat lain adalah adanya kawah di tengah kawah (creater in the creater) dengan hamparan laut pasir yang mengelilinginya.Kisah mistis GUNUNG BROMO mitos SANG BETHORO BROMO JOKO TENGGER LORO ANTENG, Pengorbanan joko Tenggger Untuk Desa Ngandas kisah selanjutnya klik sini

7.       DANAU TOBA


Danau Toba dulunya adalah sebuah gunung berapi. Danau ini berada di bekas kawah supervolcano terbesar di dunia. Gunung Toba diperkirakan meletus pada 73 ribu tahun lalu. Letusan ini tercatat sebagai letusan Gunung api terbesar yang mempengaruhi iklim di seluruh dunia. Danau Toba sekarang adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

8.      TANAH TORAJA


Toraja terletak Sulawesi Selatan. Tanah Toraja sangatlah unik, terutama dalam hal penguburan mayat. Mayat-mayat tidak dikubur, tetapi diletakkan di dalam gua-gua di bukit batu. Mayat-mayat ini ditemani oleh patung-patung yang menggambarkan orang yang meninggal tersebut. Di sini terdapat kuburan di bukit batu. Salah satu bentuk kuburan adalah kuburan batu yang dibuat di bagian atas tebing di ketinggian bukit batu. Menurut kepercayaan animisme Aluk To Dolo di kalangan orang Tana Toraja, makin tinggi tempat ditaruhnya mayat tersebut makin cepat rohnya bertemu dengan Tuhan atau surga.

9.      PULAU & TAMAN LAUT BUNAKEN


Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina, sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove.Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.

10.   Indoor Theme Park TRANS STUDIO MAKASSAR


Trans Studio ini adalah Indoor Theme Park Terbesar Di Dunia yang berlokasi di jalur utama Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, sekitar 2 km barat daya atau 3 menit dari kawasan Pantai Losari. Theme Park seluas 2,7 hektar adalah karya putra-putri bangsa Indonesia yang sekelas dunia dan tidak kalah dari Disneyland. Seperti dikatakan seorang pakar ekonomi dari AIM (Asian Institute of Management) Filipina, ketika mengomentari : "Saya mengerti, Jawa adalah masa lalu, Sumatera adalah masa kini, dan Indonesia Timur adalah masa depan."


Sumber : digg.com/news/lifestyle/tempat_Wisata_Menarik_di_Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar