Total Tayangan Laman

Selasa, 13 Desember 2011

Babakan Siliwangi Bandung is the World City Forest

Babakan Siliwangi, located north of Bandung city, was proclaimed the first World City Forest by Environment Minister Gusti Muhammad Hatta to greet the Tunza Indonesian Children and Youth on the Road to Rio+20 event, which will run for five days in Bandung.


 Sumber : Yuli Tri Suwarni and Arya Dipa, The Jakarta Post

PENCAGARAN BABAKAN SILIWANGI

 Babakan Siliwangi merupakan lembah yang dibentuk Sungai Cikapundung sejak puluhan ribu tahun yang lalu, dan merupakan warisan alam dan sejarah budaya yang sebaiknya tetap dipertahankan keberadaannya melalui pencagaran. Sebab Babakan Siliwangi memiliki nilai sosial, ekonomi, dan budaya bagi kehidupan manusia masa kini dan masa datang untuk kepentingan pendidikan, penelitian, dan pariwisata rekreasi, dalam rangka membangun manusia Indonesia seutuhnya dan mencerdaskan kehidupannya. Apalagi letaknya ada di dalam kota, mudah dijangkau, dan mudah pula pemeliharaannya. Pariwisata yang perlu dikembangkan di sini yaitu pariwisata ekologi atau ecotourism yang membangkitkan wisatawan untuk mencintai tataan dan unsur alam binaan dengan segala keanekaragaman hayatinya. Kota Bandung sama sekali belum memiliki cagar alam semacam ini dan Babakan Siliwangi yang merupakan warisan penuh dengan berbagai data dan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi alami dapat dicagar sebagai museum dan laboratorium lapangan, sekaligus sebagai destinasi pariwisata ekologi untuk rekreasi.  

Sumber: Harian Pikiran Rakyat (H. Soewarno Darsoprajitno)


Ekologi Pariwisata sangat tepat untuk diterapkan pada destinasi babakan siliwangi. Apabila dilihat dari segi melihat dari keadaanmerupakan suatu ilmu yang mempelajari lingkungan pada suatu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar