Total Tayangan Laman

Sabtu, 17 Desember 2011

Sektor Pariwisata Penghasil Devisa Indonesia Terbesar Masa Depan

     Pariwisata merupakan salah satu sektor terbesar dalam meningkatkan devisa negara. Dewasa ini setiap negara mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah penghasil devisa negara yang paling utama. Hal ini dilihat dari kebutuhan manusia yang selalu ingin melakukan travelling di setiap waktu luangnya. Memasuki abad ke 21, sektor pariwisata sudah semakin berkembang, hal ini terjadi karena setiap negara menyadari bahwa pariwisata mendatangkan manfaat yang sangat besar bagi negara yang kedatangan wisatawan (Tourist Receiving Countries).
    Menurut beberapa pakar dan ilmuan di Indonesia pada tahun 2012 eksplorasi minyak bumi akan berkurang dan tidak menjadi ekonomis lagi, selain sumbernya menipis diperkirakan biaya eksplorasinya tidak akan efisien. Sebagai komoditi pengganti, pariwisata diharapkan menjadi komoditi prospektif sebagai primadona penghasil devisa negara yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan yang berkelanjutan. Sektor pariwisata ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan APBN dan peningkatan kesempatan kerja.
Rasanya ketinggalan kalau tidak ikut mengembangkan pariwisata sebagai kasilitator dalam pembangunan, termasuk pula Indonesia. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan variabel pariwisata, karena indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dunia. Secara fisik, Indonesia memiliki panjang garis pantai mencapai 81.000 kilometer dengan jumlah pulau mencapai lebih dari 17.500 pulau. Luas daratan 1,9 juta kilometer persegi, sementara luas perairan 3,1 juta kilometer persegi. Sungguh sangat menakjubkan !
Hal ini memungkinkan Indonesia sebagai kawasan yang memiliki potensi sangat besar dalam konteks pariwisata karena mimiliki banyak wisata bahari dan cagar alam. Selain keindahan alamnya, Indonesia juga memiliki keanekaragaman budaya. Budaya merupakan aset paling berharga yang dimiliki suatu negara. Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak memiliki keanekaragaman budaya karena Indonesia memiliki 33 provinsi dimana di setiap provinsinya memiliki beberapa budaya yang berbeda. Dalam konteks ini, budaya menjadi nilai lebih suatu negara dalam mendatangkan wisatawan mancanegara karena adanya suatu daya tarik wisata (Tourism Attraction).
    Di kawasan Asia pasifik Indonesia merupakan salah satu negara tujuan pariwisata  oleh karena itu disamping mengedepankan sektor pariwisata sebagai komoditi utama, yakni harus di imbangi SDM yang memadai. Sumber daya manusia yang memadai akan berdampak positif terhadap pengembangan pariwisata suatu negara. Kiat – kiat suatu negara ataupun negara Indonesia dalam menciptakan SDM profesional dalam bidang pariwisata yakni mendirikan sekolah – sekolah dan Universitas pariwisata. Dalam konteks ini Indonesia sudah menyadari bahwa pariwisata merupakan suatu ilmu dan bukan sebagai kajian. Maka dari itu mari bangkitkan pariwisata Indonesia.. We are rich of nature, culture and everything about tourism supporting sector !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar