Total Tayangan Laman

Kamis, 21 Juni 2012

Perkembangan Pariwisata Indonesia


Pariwisata, tidak henti-hentinya saya menulis artikel pariwisata karena pariwisata merupakan suatu aktifitas atau kegiatan yang tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan manusia. Semua orang membutuhkan pariwisata atau travelling sebagai suatu pelampiasan batinnya dalam menjalankan kehidupannya. Kata pariwisata itu sendiri di Indonesia mulai populer pada tahun 1950an dimana pada era presiden pertama indonesia yaitu Soekarno berbincang dengan pakar pariwisata mengenai kata yang tepat dalam penulisan makna pariwisata itu sendiri. Karena saat itu kata yang dipakai bukanlah pariwisata, melainkan touristen yang berasal dari bahasa belanda. Kemudian Soekarno merubahnya menjadi pariwisata. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1960an sektor pariwisata menjadi sektor yang penting  guna meningkatkan perekonomian di Indonesia. 
     Memasuki abad ke-21 perhatian terhadap pariwisata sudah sangat meluas, hal ini terjadi karena pariwisata mendatangkan manfaat dan keuntungan bagi negara-negara yang menerima kedatangan wisatawan (tourist receiving countries). Pembangunan pariwisata memiliki peran signifikan dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dalam aspek  ekonomi, sektor pariwisata mengkontribusikan devisa dari kunjungan wisatawan mancanegara dan Produk Domestik Bruto (PDB)  beserta komponennya (RPJMN 2009-2014) dalam (Nugroho 2011: 1). Tidak sedikit wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara datang untuk menikmati daya tarik wisata yang ada di Indonesia. Berikut dapat dilihat data statistik perkembangan kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia dari tahun 2004-2010.

Dari data statistik diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah kedatangan wisatawan mancanegara dan pendapatan devisa pertahunnya terus meningkat, hanya tahun 2005-2006 saja yangmengalami penurunan. Selain data statistik wisatawan mancanegara, adapun data statistik kunjungan wisatawan nusantara yang memberikan sumbangsih besar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Berikut data statistik perkembangan kunjungan wisatawan nusantara dari tahun 2004-2010.

        Dapat disimpulkan bahwa jumlah kedatangan wisatawan domestik dan pendapatan devisa pertahunnya terus meningkat dari tahun ke tahunnya. Dari data kunjungan wisatawan diatas cukup membuktikan bahwa sektor pariwisata di Indonesia sudah berkembang dan telah menjadi salah satu alternatif dalam sektor ekonomi dalam menanggulangi kemiskinan di Indonesia. sebagaimana dalam GBHN tahun 1993 dikatakan: ‘Pembangunan pariwisata diarahkan pada peningkatan pariwisata menjadi sektor andalan yang mampu menggalakan sektor ekonomi, termasuk sektor-sektor lainnya yang terkait sehingga lapangan kerja, pendapatan masyarakat, pendapatan daerah, pendapatan negara serta penerimaan devisa meningkat melalui pengembangan dan pendayagunaan potensi keparriwisataan nasional’.

2 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'pariwisata', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    PARIWISATA
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Grafik postitif perkembangan pariwisata Indonesia merupakan hal yang menunjukan bahwa pariwisata merupakan satu potensi yang dapat mendongkrak roda perekonomian bangsa, oleh karenanya kita sebagai bangsa Indonesia harus membantu pemerintah untuk sama-sama mengembangkan dunia pariwisata dengan cara masing-masing sesuai dengan bidang dan potensinya, salah satu caranya adalah dengan berbagi info seperti pada blog ini. Terimakasih sudah berbagi info...
    Salam Sahabat...
    Vila Istana Bunga

    BalasHapus